keputihan

Apa Ada Keputihan Pasca Melahirkan?

Secara umum wanita mengalami keputihan pada beberapa masa. Sering kali keputihan ini menjadi penyebab ketidaknyamanan bagi setiap wanita. Karena keputihan mengganggu aktifitas sehari-hari. keputihan bisa terjadi karena adanya pengaruh kelenjar di bagian vagina. Selain itu, keputihan pun bisa terjadi akibat adanya jamur yang tumbuh di dalam vagina.

Secara garis besar, keputihan pada wanita bisa terjadi akibat kelelahan atau stres dan juga ketika kondisi tubuh anda sedang tidak fit. Adapun keputihan terjadi pada saat menjelang menstruasi atau setelah menstruasi, kemudian pada saat mengandung, setela melakukan hubungan seksual, dan bahkan adapun yang mengalami keputihan setelah melahirkan.

Bagaimana keputihan terjadi setelah melahirkan?

Ketika terjadi keputihan setelah melahirkan maka anda tak perlu cemas dan khawatir. Karena hal ini bukanlah penyakit. Namun perlu anda waspadai pula bahwa keputihan setelah melahirkan terdapat dua jenis yakni keputihan normal dan juga tidak normal. Keputihan normal ini umumnya berupa cairan berwarna putih. Sementara keputihan abnormal adalah keputihan berwarna hijau kecoklatan, terasa gatal dan juga bau tak sedap, serta cairan tersebut agak kental dan bahkan menggumpal.

Keputihan ini bisa terjadi akibat adanya aktifitas kelenjar di dalam vagina yang terjadi karena adanya pengaruh dari hormon progesteron dan juga hormon estrogen.

Selain itu, keputihan pasca melahirkan juga terjadi secara umum pada wanita melahirkan karena cairan keputihan tersebut merupakan sekret atau cairan yang keluar dari jalan rahim, yakni disebut dengan lochia.

Munculnya lochia akibat adanya peluruhan pada dinding rahim setelah melahirkan. Peluruhan ini akan terus terjadi hingga akhirnya lapisan dinding rahim yang baru bisa terbentuk, yakni dalam artian cairan yang keluar selama proses kembalinya dinding rahim menjadi normal kembali. Lochia ini pada awalnya adalah warna merah layaknya darah menstruasi hingga beberapa hari kemudian berubah warna menjadi pink dan kemudian menjadi warna putih dan adapun yang putih kekuningan.

Bagaimana mengatasi keputihan setelah melahirkan?

Jika anda mengalami keputihan setelah melahirkan maka anda tak perlu cemas asalkan keputihan yang terjadi adalah normal, yakni tidak berbau dan tidak gatal. Namun anda juga perlu waspada karena jamur bisa berkembang biak dan bahkan mengalami peradangan. Karena itu sebaiknya anda kurangi penggunaan antibiotik.

Untuk itu, anda perlu menghindarinya dengan cara sering membersihkan vagina. Jika cairan keputihan yang keluar berlebihan maka anda bisa mengganti celana dalam setiap anda merasa tidak nyaman. Usahakan agar membasuhnya terlebih dahulu sebelum mengganti celana dalam.

Selain itu, pilih celana dalam dari bahan katun agar bisa menyerap keringat. Karena keringat ini pun berpengaruh terhadap banyaknya keputihan. Usahakan pula agar memilih celana dalam yang tidak ketat karena penggunaan yang ketat pun bisa mengeluarkan banyak keringat yang nantinya bisa menjadi bakteri. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan vagina sehingga keputihan yang anda alami tetap normal dan tidak menimbulkan bakteri berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *