melahirkan

Apa Tahapan Melahirkan Normal?

Bagi para calon ibu yang sudah tidak sabar ingin memiliki anak, sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan anda terutama kesehatan kandungan anda hingga mencapai hari H. Hingga menjelang hari H tentu banyak hal yang perlu anda persiapkan, khususnya persiapan mental. Karena mental anda menjadi faktor utama untuk melahirkan dengan lancar, khususnya melahirkan secara normal tanpa sesar atau operasi.

Karena itu, anda perlu membaca banyak hal tentang proses melahirkan sehingga anda bisa mempersiapkan kondisi mental anda. Begitupun dengan dukungan berbagai asupan makanan yang bernutrisi sangat penting untuk menunjang hari H lebih lancar.

Apa Saja Tahapan Melahirkan Secara Normal?

Nah, terdapat beberapa tahapan melahirkan normal yang dikutip dari  sumber solusisehatku.com, yakni:

Tahapan pertama: fase awal dan fase aktif

Pada tahapan awal ini akan terjadi dua fase. Pada fase awal maka leher rahim akan menjadi semakin tipis dan juga mulai terbuka. pada awal ini akan terjadoi kontraksi ringan yang berlangsung selama 3o bahkan hingga 90 detik. Hingga beberapa saat kemudian darah dan juga cairan lendir akan keluar dari vagina. Selanjutnya rahim akan membuka higga mencapai 4 cm.

Fase yang terjadi untuk proses pembukaan rahim akan terjadi selama beberapa jam mulai dari enam hingga 12 jam. Selanjutnya pada fase aktif maka leher rahim akan melebar lebih cepat hingga mencapai 10 cm. Begitupun anda akan mengalami kontraksi yang lebih lama dan cepat. Pada fase ini pun anda akan merasa tidak nyaman dan beberapa saat kemudian air ketuban akan mulai pecah. Adapun fase aktif ini akan berjalan selama empat hingga delapan jam.

Tahapan kedua: mendorong bayi

Pada tahapan ini maka anda perlu mendorong bayi sehingga bayi bisa lebih mudah keluar.  Dengan dorongan yang kuat dengan mengerahkan seluruh tenaga anda, maka kemudian posisi bayi akan berubah menuju jalan rahim. Hingga kemudian posisi bayi berada di pinggul maka anda bisa mendorongnya kembali dan cara mendorong ini akan datang dengan sendirinya.

Hingga beberapa saat kemudian maka permukaan kulit kepala bayi akan muncul di permukaan vagina dan ketika itu anda akan mulai mendorong lebih kuat. Anda juga akan merasakan kesakitan ketika kepala bayi hendak keluar karena ketika itu jaringan antara vagina dan anus akan meregang. Hingga selanjutnya setelah kepala bayi keluar maka posisi akan menyamping dengan sendirinya dan akhirnya badan bayi pun keluar secara menyeluruh dan anda bisa melihat sang buah hati terlahir ke dunia ini.l

Tahapan ketiga: keluarnya plasenta

Setelah bayi lahir maka anda masih harus menunggu hingga keluarnya plasenta dari mulut rahim. Plasenta ini akan keluar sekitar lima hingga 10 menit. Maka anda pun bisa menyusui anak anda setelah semua proses melahirkan selesai. Proses melahirkan ini membutuhkan waktu cukup lama yakni 10 hingga 20 jam dari awal hingga akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *