bayi baru lahir

Cara Efektif Perawatan Bayi Baru Lahir

Bagi sang Bunda yang baru melahirkan anak mungkin merasa bingung bagaimana cara merawat bayi. Bunda juga tak perlu cemas karena merawat bayi sebetulnya tidak sulit, melainkan Bunda bisa merasakan kebahagiaan luar biasa saat merawat bayi, walau tentunya pasti menguras tenaga Bunda.

Nah, Beberapa Hal Yang Perlu Bunda Perhatikan Dalam Perawatan Bayi Diantaranya Adalah:

Merawat tali pusar

Dalam perawatan tali pusar bayi tentu perlu teliti sehingga tidak mudah terjadi infeksi. Apabila tali pusar bayi Bunda belum putus dan kemudian terkena air saat dimandikan, maka Bunda bisa melapnya dengan cotton buds atau kain kasa. Bunda tak perlu menggunakan alkohol tapi cukup dengan air hangat dan biarkan tali pusar tetap terbuka hingga akhirnya bisa putus dengan sendirinya, dan usahakan pula agar tali pusar bayi selalu dalam keadaan kering.

Merawat kulit bayi

Kulit bayi pun tentu sensitif sehingga perlu hati-hati. Untuk merawat kulit bayi maka Bunda perlu memandikannya sehari sekali dan juga bisa dengan dielap menggunakan waslap basah. Untuk melindungi kulit bayi sebaiknya Bunda pilihkan jenis sabun yang mengandung Pro Vitamin B5. Dengan sabun tersebut maka kulit bayi tetap halus dan lembut, serta lembab sehingga tidak mudah kering. Bunda juga perlu mengolesi bayi dengan baby oil yang mengandung Vitamin E.

Jika bayi Bunda terkena biang keringat maka Bunda bisa memberinya bedak khusus bayi dan taburkan di setiap kulit dan sela-sela bayi sehingga tetap kering dan tidak mudah terkena kuman dan gatal-gatal. Jika kulit bayi berkeringat maka Bunda bisa melapnya dengan kapas yang dibasahi air hangat dan lapkan pada kulit bayi.

Merawat mata bayi

Untuk merawat bagian mata Bunda perlu memijat area mata agar tidak mudah mengeluarkan air mata yang nantinya menjadi tahi mata. Bunda bisa memijat area mata dengan jari Bunda dari sudut mata e arah hidung bayi hingga 10 kali. Bunda juga bisa gunakan kapas yang dibasahi air hangat untuk memijat area mata.

Merawat telinga bayi

Bagian dalam telinga bayi perlu dibersihkan. Bunda bisa gunakan cotton buds yang dibasahi air hangat lalu bersihkan lubang telinga perlahan.

Merawat mulut bayi

Mulut bayi hingga usia satu bulan sangat mudah ditumbuhi oleh jamur candida. Maka akan nampak busa-busa berwarna putih di sekitar bibir bayi. Bunda bisa merawat bagian bibir bayi dengan menggunakan kapas basah. Bunda juga perlu hati-hati jika hendak menyentuh bibir bayi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu jari Bunda.

Merawat kuku bayi

Hal ini cukup sulit, karena menggunting kuku bayi perlu hati-hati dan teliti. Menggunting kuku bayi sangat penting karena kuku bayi yang tajam bisa merusak bagian wajahnya jika bayi sedang bermain dengan jemarinya. Bunda juga perlu menutup tangan bayi dengan sarung tangan jika belum sempat memotong kuku bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *