perdarahan awal kehamilan 7 minggu

Faktor Penyebab Perdarahan Awal Kehamilan 7 Minggu

Kondisi kesehatan pada waktu hamil memang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Hal ini karena kondisi kesehatan ibu hamil akan memperngaruhi perkembangan janin didalam kandungan. Di sisi lain terkadang sebagian ibu hamil mengalami perdarahan awal kehamilan 7 minggu sehingga hal ini membuat perasaan menjadi cemas dan was-was.

Adanya pendarahan ketika Anda dinyatakan positif hamil memang akan membuat perasaan menjadi cemas dan was-was. Bahkan pendarahan bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada janin didalam kandungan. Sebagian orang berspekulasi tentang pendarahan dan keguguran. Padahal sebenarnya tidak semua pendarahan menjadi indikasi keguguran.

Banyak faktor penyebab terjadinya perdarahan awal kehamilan 7 minggu. Apa saja faktor penyebabnya? Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya perdarahan pada kehamilan muda.

Pemisahan Plasenta

Salah satu faktor penyebab terjadinya perdarahan yaitu proses pemisahan plasenta dari dinding rahim. Namun biasanya hal ini terjadi menjelang proses persalinan. Akan tetapi hal ini juga bisa terjadi pada kehamilan diatas usia 7 minggu atau pada sebagian kasus terjadi di minggu ke-12.

Proses Penempelan Janin

Jika terjadi pendarahan pada minggu ke-7 jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa Anda mengalami keguguran. Pendarahan pada minggu ini juga bisa disebabkan karena proses pelekatan janin yang semakin kuat menempel pada rahim sehingga memicu terjadinya pendarahan.

Hamil diluar Kandungan

Apabila janin tumbuh dan berkembang melekat di luar rahim maka kemungkinan akan memicu keguguran. Tanda awalnya terjadi pendarahan karena janin tumbuh di tuba falopi. Resiko kehamilan diluar kandungan bia terjadi pada siapa saja dan berkaitan erat dengan serviks ovarium.

Kehamilan Anggur

Hamil anggur memang terbilang langka dan jarang terjadi. Namun hal ini perlu diwaspadai karena bisa membahayakan keselamatan Anda. Hamil anggur akan menyebabkan terjadinya pendarahan pada minggu-minggu awal kehamilan.

Kehamilan anggur pada awalnya menyerupai kehamilan normal dan bahkan plasenta tetap tumbuh dengan baik. Lama kelamaan akan terjadi gejala pendarahan karena janin tumbuh ditempat yang tidak seharusnya.

Plasenta Prevaria

Plasenta prevaria pada kehamilan memang sangat membahayakan dan membutuhkan penanganan yang tepat. Meskipun jarang terjadi namun kemungkinan hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Gejala yang ditimbulkan biasanya terjadi pendarahan.

Keguguran atau Kelahiran Prematur

Pendarahan pada usia kehamilan 7 minggu bisa menjadi indikasi adanya keguguran atau lahir prematur. Hal ini bisa dipicu oleh tumbuh kembang janin yang terhenti atau terdapat cacat pada proses pembentukan janin.

Faktor penyebab lain bisa terjadi akibat adanya goncangan yang memicu kontraksi pada rahim sehingga janin yang belum sepenuhnya menempel pada rahim masih bisa terkoyak. Hal ini tentunya perlu diwaspadai.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda waspadai terkait pendarahan pada minggu ke-7. Jika mengalami perdarahan awal kehamilan 7 minggu sebaiknya Anda jangan panik dan lakukan pemeriksaan ke dokter dengan cepat untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. Untuk konsultasi online yang juga membahas hamil 7 bulan anda bisa mengunjungi web terpercaya solusisehatku.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *