MPASI

Jenis Buah-Buahan Untuk Bayi Dalam Tahap Memperkenalkan MPASI

Makanan pendamping ASI atau yang lebih dikenal dengan sebutan MPASI merupakan sebuah tahapan pemberian makanan padat untuk bayi guna menunjang tumbuh kembangnya. MPASI untuk bayi diberikan setelah menginjak usia 6 bulan. Hal ini karena kebutuhan nutrisi untuk bayi tidak lagi sepenuhnya bisa terpenuhi melalui ASI sebab perkembangan bayi semakin pesat.

Pada tahap awal memperkenalkan MPASI, tekstur makanan yang Anda berikan sebaiknya lunak atau cair. Hal ini untuk menyesuaikan dengan sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya sempurna. Jenis dan tekstur makanan untuk bayi bisa ditingkatkan seiring dengan bertambahnya usia si kecil.

Salah satu jenis makanan yang bisa Anda perkenalkan dalam tahap pengenalan MPASI yaitu buah-buahan. Jenis makanan yang satu ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk bayi. Menurut ahli gizi, buah memiliki manfaat yang sangat bagus untuk si kecil dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Dalam memperkenalkan buah untuk bayi maka sebaiknya berikan buah dengan tekstur yang lembut dan manis terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kesempurnaan sistem pencernaan bayi. Lalu apa saja jenis buah yang bisa diberikan dalam tahap memperkenalkan MPASI?

Berikut Ini Jenis Buah Yang Baik Dalam Tahap Memperkenalkan MPASI Pada Bayi

  1. Pisang

Salah satu jenis buah yang bisa Anda berikan pada tahap awal memperkenalkan MPASI yaitu pisang. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium, posfor, folat dan juga vitamin A yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

Pisang bisa Anda sajikan dengan cara mengeruk daging buahnya dan langsung berikan pada bayi. Selain itu, Anda juga bisa memberikannya dalam campuran bubur atau puree dengan variasi yang lainnya sehingga bayi tidak bosan.

  1. Apel

Kandungan nutrisi pada buah apel tidak perlu diragukan lagi. Diantaranya yaitu kalsium, posfor, kalium, vitamin A, vitamin C dan magnesium. Penyajian apel untuk MPASI yaitu dengan cara mengupas buah apel kemudian potong kecil-kecil dan kukus hingga lunak. Haluskan menggunakan blender dan sajikan untuk si kecil.

  1. Pir

Buah pir mengandung zat gizi seperti kalsium, kalium, posfor dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut tentunya sangat baik untuk perkembangan bayi. Cara penyajiannya sama seperti buah apel yaitu di kukus hingga lunak dan dihaluskan menggunakan blender.

  1. Jeruk

Selanjutnya yaitu buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, vitamin A, serat, kalium, kalsium dan asam folat. Jeruk bisa Anda berikan pada bayi dengan memerasnya. Berikan asir perasan tersebut secara rutin pada bayi.

  1. Tomat

Tomat bisa diberikan sebagai MPASI untuk campuran bubur. Kandungan nutrisi pada tomat diantaranya yaitu natrium, serat, kalsium, magnesium, protein, vitamin A dan asam folat.

Demikian beberapa jenis buah yang bisa Anda perkenalkan pada tahap awal pemberian MPASI untuk si kecil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *