menstruasi

Menstruasi Tidak Teratur Ternyata Berbahaya Bagi Wanita

Masa menstruasi atau disebut datang bulan atau haid menjadi sangat layak untuk seorang wanita yang telah dewasa. Setiap wanita akan mengalaminya, maka tak perlu takut bagi kalian yang belum mengalami haid. Masa menstruasi ini umumnya terjadai selama sebulan sekali yakni dengan masa menstruasi selama satu minggu.

Namun, diluar normalnya siklus menstruasi, adapun wanita yang mengalami menstruasi sebulan dua kali atau bahkan dua bulan sekali atau satu setengah bulan sekali dan lainnya secara tidak teratur. Selain itu, adapun waktu masa menstruasi sebanyak dua hari atau bahkan adapun yang mengalaminya hingga dua minggu atau 14 hari.

Sementara siklus normal menstruasi adalah 28 hingga 30 hari. adapun darah yang keluar adalah berwarna merah pekat atau merah kehitaman, dan cukup kental. Jika anda mengalami haid tidak dengan tanda tersebut, atau bahkan berbeda dengan menstruasi pada umumnya maka anda mengalami menstruasi tidak teratur. Saat anda mengalaminya sebaiknya segerakan periksa ke dokter karena nantinya akan lebih berbahaya bagi kesehatan anda.

Adapun Beberapa Akibat Haid Tidak Teratur Yang Perlu Anda Ketahui Diantaranya Adalah:

Terganggu kesuburan

Hal inilah yang paling ekstrim bagi seorang wanita. Karena jika kesuburannya terganggu maka tentu anda akan kesulitan unutk hamil atau bahkan menjadi seorang ibu. Tidak lancarnya haid memang dapat megganggu kesuburan seorang wanita sehingga terkadang akan sulit hamil. Hal ini bisa saja terjadi saat wanita mengalami kista pada bagian rahim bahkan nantinya perlu dioperasi atau melakukan pengobatan jangka panjang. Karena itulah penting untuk anda menghubungi dokter saat hal ini terjadi.

Penyakit kista

Kista merupakan satu jenis penyakit tumor yang jinak yakni kista ovarium yang memang hanya terjadi pada wanita. Sementara adapun kista folikel yang mengganggu wanita sehingga akan terasa nyeri pada bagian rahim dan bahkan dapat membesar. Karena itu jika kista membesar akan semakin berbahaya.

Polip

Selain itu, adapun siklus menstruasi yang tidak teratur dengan tanda yang mengalami pendarahan berat atau jumlah darah yang besar sehingga anda perlu dan harus hati-hati. Kenapa? Karena pendarahan ini bisa menyebabkan polip yang berbahaya bagi tubuh wanita dan juga membahayakan rahim anda.

Kanker serviks

Anda harus hati-hati ketika mengalami haid yang tidak teratur, hal ini pun karena ditakutkan anda terkena gejala kanker serviks. Bahwa kanker ini berbahaa karena kanker ini mampu mengancam wanita tanpa diketahui gejala awalnya dan bahkan sulit terlihat. Karena itu sebaiknya periksakan ke dokter sebelum jenis kanker ini bisa membunuh anda.

Kanker rahim

Adapun penyakit kanker rahim yang memang umum terjadi pada sebagian wanita yang mengalami masa menstruasi tidak normal seperti biasa. Kanker rahim bisa terjadi hingga kanker rahim stadium lanjut yang bisa mengakibatkan banyak pendarahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *