periode menstruasi

Periode Siklus Menstruasi Yang Baik Untuk Wanita

Sebagai seorang wanita tentu anda harus menerima kodrat wanita untuk mendapatkan masa menstruasi di setiap bulan. menstruasi atau yang disebut dengan datang bulan atau haid telah ada pada wanita dewasa baik pada usia 10 tahun atau hingga 15 tahun, dan menstruasi ini pun merupakan penanda dewasanya seorang wanita.

Setiap wanita tentu memiliki periode menstruasi yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya setiap wanita akan mengalaminya setiap satu bulan sekali dengan jumlah hari yang berbeda dari 6 hingga 14 hari setiap periode menstruasi. Selain itu, adapun wanita yang mengalami keterlambatan menstruasi atau bahkan keseringan hal ini dikarenakan siklus yang kurang lancar atau ada gangguan kesehatan pada daerah kewanitaan.

Apa itu siklus menstruasi?

Anda perlu tahu bahwa siklus merupakan sebuah periode atau waktu atau masa. Sementara siklus dalam menstruasi adalah periode seorang wanita mendapatkan masa menstruasi. Adapun siklus menstruasi yang normal untuk wanita adalah selama 28 hingga 30 hari sekali. Pada masa itulah wanita akan mendapatkan menstruasi kembali dan pada masa itupun disebut dengan normal.

Bagaimana Menstruasi  terjadi?

Menstruasi dapat terjadi pada seorang wanita karena bermula dari kantong berisi cairan yang terdapat pada ovarium atau indung telur yang kemudian dilepaskan selama ovulasi sebagai tahapan folikel sepanjang 28 hari periode menjelang menstruasi.

Hingga kemudian setelah terjadinya ovulasi dari oosit matang yakni pada hari 15 hingga 28 maka endometrium atau sel telur yang seharusnya dibuahi bagi wanita yang telah menikah, namun pada usia dini maka endometrium tersebut mulai rusak dan diluruhkan hingga akhirnya menjadi pendarahan menstruasi yang keluar melalui vagina. Pada proses tersebut lah maka wanita sering merasakan kram di perut atau nyeri haid. Darah haid ini pun merupakan sel darah yang tidak terpakai atau disebut darah kotor.

Kapan periode menstruasi?

Adapun siklus untuk menstruasi ini terjadi pada sekitar 28 hingga 30 hari atau setiap sebulan sekali. Atau sebulan kurang tiga hari. inilah periode menstruasi yang dianggap normal. Sementara itu adapun waktu menstruasi umumnya adalah 2 hingga 7 hari dan adapun yang mencapai 14 hari.

Darah yang keluar saat menstruasi ini umumnya sekitar 10-80 ml selama masa menstruasi dan jika lebih dari kadar tersebut maka anda dikatakan tidak sehat. Adapun darah menstruasi tersebut umumnya terasa hangat, kental dan juga berwarna merah pekat atau kadang merah kehitaman.

Gejala apa saja saat menstruasi?

Adapun gejala yang akan wanita rasakan pada saat mengalami masa menstruasi. Beberapa gejala umum tersebut adalah munculnya jerawat pada wajah, terasa nyeri pada perut atau kram pada perut yang berlangsung tiga hari baik di awal atau di akhir atau bahkan sepanjang masa menstruasi. Adapun yang mengalami nyeri payudara, pusing dan juga suasana hati yang sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *